Pivovar Prachatice: Pabrik Bir Ceko yang Hebat di Kota Pembuatan Bir Bersejarah

Kisah kota pembuatan bir Ceko yang bersejarah dan tempat pembuatan bir baru yang bertujuan untuk melanjutkan tradisi panjang.


Saya masih bisa membayangkan semuanya dengan sangat jelas. 

Setelah seharian bersepeda , kami kembali ke Prachatice tepat pada waktunya untuk mandi sebelum makan malam. Saya masih ingat sepeda itu bergetar lucu saat saya melintasi jalan berbatu Prachatice.

Sebentar lagi, kita akan pergi ke Pivovar Prachatice (Pabrik Bir Prachatice), yang terletak persis di seberang alun-alun utama Prachatice yang indah.

Seperti yang diketahui banyak orang, bir di Republik Ceko bisa dibilang yang terbaik di planet ini dan, menurut saya, itu yang terbaik. Itu tidak terjadi secara kebetulan. Ini adalah hasil dari kota-kota seperti Prachatice di mana memiliki tempat pembuatan bir yang terkenal membangkitkan kebanggaan asli dari kota dan daerah sekitarnya. Ini adalah hasil dari berfokus secara obsesif pada penggunaan bahan yang tepat dan dengan cermat melacak serta menyempurnakan proses pembuatan bir. Dan itu adalah hasil dari pembuatan bir yang menjalankan tradisi waktu yang dihormati, sambil membuat perubahan mereka sendiri di masa sekarang.

Pembuatan bir di Republik Ceko adalah bentuk seni .

Di Prachatice, ada catatan bir yang dibuat di sini sejak tahun 1379, dan, seperti yang akan saya tulis hari ini, Pivovar Prachatice bertujuan untuk terus membuat kota mereka bangga hingga abad ke-21. 

Sejarah Singkat Pembuatan Bir di Prachatice, Republik Ceko 


Pada 1436, Prachatice dinyatakan sebagai kota kerajaan, dan ini menyebabkan lebih banyak ahli perdagangan malting mendirikan toko di kota. Meskipun kepentingan kota sering berfluktuasi selama berabad-abad, reputasi kota sebagai tempat menemukan bir enak jarang goyah . Faktanya, keluarga Rožmberk yang kuat bahkan mendirikan tempat pembuatan bir di sini pada abad ke-16.

Tiba-tiba, Prachatice tidak hanya membuat bir untuk dirinya sendiri, tetapi menjadi pemasok bir de facto untuk daerah sekitarnya. Alih-alih melawannya, berbagai pabrik lokal di kota pada dasarnya bergabung dengan tempat pembuatan bir keluarga Rožmberk yang baru dibentuk, dan ini meningkatkan produksi dan reputasi Prachatice sebagai kota pembuat bir yang terkenal.

Kota itu berada di sisi yang salah dalam konflik tak lama kemudian, dan jatuh dari kejayaan, tetapi kota terus berkembang biak, bahkan jika hanya untuk warganya. Pada tahun 1832, kebakaran hebat di kota itu mengancam keberadaan tempat pembuatan bir sama sekali. Tapi, tentu saja, Prachatice menggunakan alasan ini untuk memperluas tempat pembuatan bir.

Seperti banyak hal lainnya, Perang Dunia memiliki efek negatif pada pembuatan bir, tetapi sekarang kita menemukan diri kita di masa sekarang dalam apa yang oleh banyak orang disebut sebagai revolusi besar bir Ceko berikutnya. Pabrik bir terus bermunculan dan berfungsi sebagai pusat komunitas. Pivovar Prachatice modern membuka pintunya pada tahun 2015, dan sejak itu tidak melihat ke belakang.

The Prachatice Brewery of Today 

Saya menyebutkan bahwa tempat pembuatan bir yang dapat Anda kunjungi saat ini didirikan pada tahun 2015. 

Ini semua berawal pada tahun 2012 ketika para pendiri brewery mengikuti kursus brewing selama 2 hari, kemudian mulai mempraktikkan ilmunya. Mereka akan melakukan perjalanan bersepeda melintasi Republik Ceko hanya untuk mengunjungi pabrik kerajinan tangan. Saya diberitahu bahwa mereka mengunjungi ratusan pabrik lain selama penelitian mereka. Pekerjaan yang berat, bukan?

Pembuat bir saat ini adalah seorang pria bernama Michael Neuwirth dan, tidak mengejutkan untuk Republik Ceko, fokusnya adalah membuat pilsner hebat . Namun, dia juga dengan jelas membawa properti yang dia nikmati dari bir gaya pilsener dan melihat bagaimana dia bisa membuatnya bersinar dengan gaya lain (seperti IPA atau ambers). Di Prachatice, mereka sangat fokus untuk menciptakan kepahitan yang unik dan menonjol dalam bir mereka yang menyoroti fakta bahwa mereka hanya menggunakan bahan-bahan klasik - seperti jelai, hop, air, dan ragi pembuat bir . Bir mereka tidak dipasteurisasi dan tidak disaring , jadi Anda mendapatkan rasa yang sangat mentah dan alami yang akan sangat dihargai oleh sebagian besar pecinta bir.

Singkatnya, ini adalah kebalikan dari bir, Anda akan menemukan tempat pembuatan bir Amerika Utara yang berfokus pada produksi dan skala massal. 

Mereka bertujuan untuk mendapatkan bahan-bahan secara lokal sebanyak mungkin - malt dari Benešov, hop dari Žatec dan Škarez, dan air dari tangki pengumpul yang diberi makan dari mata air Černá Hora dan Libín. 

What's On Tap


Tak lama setelah kami tiba, saya mencoba 12 Světlý Ležák mereka (secara kasar diterjemahkan menjadi "light lager"), yang berwarna keemasan cerah dan memiliki kepahitan klasik Ceko yang sangat saya sukai. Ini menampilkan tiga jenis lompatan, semuanya dari Republik Ceko.

Kami juga makan malam di Pivovar Prachatice (dan makanan mereka semua lokal dan luar biasa, ngomong-ngomong), tetapi saya secara pribadi sedang dalam misi untuk mengetahui lebih banyak tentang bir mereka. Jadi, ketika beberapa pemilik datang untuk mengatakan bahwa mereka ingin membawa kami ke tempat pembuatan bir, saya sangat gembira.

Jika saya dapat mengingatnya dengan benar (bir tidak selalu baik dalam ingatan saya), kami diajak berkeliling oleh David, Ján, dan Karel, David dan Ján sebagai saudara. Segera, saya menghargai kehangatan yang mereka tunjukkan kepada saya. Tidak seperti banyak pabrik yang pernah saya kunjungi di Amerika Utara, saya merasa seperti jarak antara pembuat bir dan pelindung hampir tidak ada. Jika ada, saya hanya merasa seperti seorang teman, dan saya senang bahwa mereka juga memiliki bir di tangan mereka, sehingga, meskipun ada kendala bahasa, kami masih dapat mendentingkan gelas kami dan membentuk ikatan.

Setelah mereka menjelaskan tong apa yang berisi bir, itu adalah musim terbuka. Aku menunjuk ke tong, dan, seperti sulap , mugku terisi langsung dari sumbernya. Singkatnya, saya berada di surga bir.

Saya mencicipi 11 Světlý ležák , yang merupakan versi yang lebih ringan dari 12 Světlý Ležák, kemudian IPA 14 , yang difermentasi atas dengan sempurna. The 13 Bradáček , adalah bir gelap, tapi masih renyah dan segar, yang merupakan sesuatu Ceko lebih baik dari siapa pun dengan bir, menurut pendapat saya. Mereka juga memiliki Gaston 10.5 , yang merupakan bir draft yang mudah diminum.

Kesamaan dari semua bir itu adalah bahwa semua bir itu dikontrol suhunya dengan sangat hati-hati sehingga ada kerenyahan yang berbeda pada bir itu. Ini menyegarkan dengan cara yang unik, dan Anda dapat mengatakan bahwa kemurnian bir akan cocok untuk seorang raja.

Di Luar Brewery


Tempat pembuatan bir, tentu saja, adalah bagian besar dari apa yang mereka lakukan, tetapi seperti yang saya sebutkan di atas, mereka juga memiliki restoran terkenal yang sangat saya rekomendasikan ketika mengunjungi Prachatice. Saya akan merekomendasikan sup ( Kulajda atau bawang putih Šumava ) dengan roti buatan sendiri jika Anda berada di sana untuk makan siang. Untuk makan malam, Anda bisa pergi ke segala arah, tetapi iga babi panggang dengan lobak pedas, mustard, dan roti buatan sendiri sulit dikalahkan. The medali babi tenderloin dengan jamur dan saus lada dan kentang panggang juga akan menjadi pilihan yang baik.

Mereka juga membuka Wisma / pensiun pada 2019. Mereka punya tujuh kamar dengan kapasitas 22 orang, jadi jika Anda tidak memutuskan bahwa Anda ingin memiliki beberapa gelas bir ekstra, Anda bisa tenang mengetahui selalu ada pilihan untuk bermalamlah jika mereka punya kamar! Fakta menarik tentang wisma ini adalah bahwa semua perabotan dibuat siap dipesan oleh tukang kayu lokal.

Ini adalah lokasi yang ideal karena tepat di pusat Prachatice, tetapi di sisi jalan yang tenang sehingga Anda tidak akan terganggu oleh kebisingan. 

Tentu saja, selama waktu ini, Anda harus memeriksa ulang apakah mereka benar-benar terbuka untuk dikunjungi, dan mengikuti pedoman dari otoritas lokal terkait dengan keamanan saat makan, dll. Meskipun demikian, saya pikir jika kita dapat dengan aman mendukung yang kecil bisnis selama ini (bahkan jika itu hanya mengambil bir untuk pergi), maka itu adalah sesuatu yang harus kita lakukan. 

Seperti yang Anda lihat, tradisi pembuatan bir di kota ini berjalan jalan kembali, dan Prachatice Pivovar adalah tempat yang layak menjadi sekitar selama bertahun-tahun. Tidak ada keraguan bahwa Prachatice adalah kota yang lebih bahagia ketika mereka memiliki tempat pembuatan bir yang bagus untuk dijadikan milik mereka, dan untungnya mereka telah dapat menikmati perasaan itu sedikit lebih baik selama milenium terakhir.

Mengunjungi Prachatice, dan khususnya Pivovar Prachatice, adalah pengingat penting lainnya bahwa Anda tidak mungkin melihat dan memahami negara sampai Anda meninggalkan ibu kota. Artinya, Praha adalah kota magis, tetapi ada begitu banyak cerita lagi untuk diceritakan, dipahami, dan dihargai.

Dan itulah mengapa saya ingin menceritakan kisah ini. Untuk mendorong Anda, pembaca, untuk mempertimbangkan mengunjungi kota yang lebih kecil daripada kota yang lebih besar, dan untuk mempertimbangkan orang-orang seperti Bohemia Selatan pada kunjungan Anda berikutnya. Saya akan memberi tahu Anda ini, berdiri di bawah bayang-bayang situs seperti Kastil Hluboká , saya sangat senang bahwa saya memiliki kesempatan untuk menjelajah di luar Praha.

Ketika waktunya tepat, ketahuilah bahwa tempat-tempat seperti Pivovar Prachatice (dan orang-orang di belakangnya) menunggu Anda, dan saya dapat meyakinkan Anda bahwa mereka sedang menunggu Anda dengan jumlah kebaikan dan kehangatan yang tepat, dan jumlah bir dingin yang tepat . 



Irfans

No comments:

Post a Comment